Jumat, 20 Mei 2011

Hari Kebangkitan Nasional


100_0377, aslinya di-upload oleh a_rabin.

Tanggal 20 Mei ditetapkan dan diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Pada tanggal itulah terjadi titik balik perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dengan melakukan perlawanan yang berbasis nasional-organisasional.

Hal ini diawali pada hari Minggu, 20 Mei 1908, pukul sembilan pagi, bertempat di salah satu ruang belajar STOVIA, Soetomo menjelaskan gagasannya. Dia menyatakan bahwa hari depan bangsa dan Tanah Air ada di tangan mereka. Maka lahirlah Boedi Oetomo. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik.

Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Karena pada perkembangannya, pengertian mengenai "tanah air Indonesia" makin lama makin bisa diterima dan masuk ke dalam pemahaman masyarakat awam. Selain itu, pergerakan Boedi Oetomo juga memberikan inspirasi masyarakat untuk untuk berserikat atau berorganisasi sehingga bermunculan pula sejumlah organisasi kemasyarakatan.

Pada tahun 2011 atau seratus tiga tahun kemudian, Hari Kebangkitan Nasional diperingati di seluruh wilayah Indonesia. Adapun tema yang diangkat kali ini adalah: "Dengan Semangat HARKITNAS ke-103 Tahun 2011, kita wujudkan kebangsaan yang berkarakter, bersatu dan berdaya saing menuju masyarakat yang sejahtera".

Tidak ada komentar: