Selasa, 17 Mei 2011

Peringatan Trisuci Waisak 2555 BE


P1230328, aslinya di-upload oleh a_rabin.

Pada tanggal 17 Mei 2011 umat Buddha memperingati Tri Suci Waisak 2555 BE atau dikenal dengan peringatan hari Waisak. Waisak dirayakan pada bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu : Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini di tahun 623 S.M; Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodhgaya) pada usia 35 tahun di tahun 588 S.M; dan Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun di tahun 543 S.M.

Umat Buddha di Indonesia merayakan hari waisyak dengan mengadakan ritual di Candi Mendut dan Candi Borobudur. Ritual ini dilaksanakan dari pagi hingga malam hari dengan serangkaian kegiatan prosesi, penantian detik-detik waisak, Pradaksina dan pelepasan lampion.

Selaku organisasi umat Buddha di Indonesia, Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) melaksanakan peringatan Trisuci Waisak 2555 BE dengan mengangkat tema " Mencari kebahagian dan kedamaian dari dalam diri sendiri". Selain ritual Waisak, Walubi juga mengadakan sejumlah kegiatan berupa Bakti Sosial dan workshop.

(sumber: Wikipedia dan Walubi)

Tidak ada komentar: