Senin, 06 Juni 2011

6 Juni 1901: Hari Lahir Soekarno

P1010027a by a_rabin
P1010027a, a photo by a_rabin on Flickr.

Bagi bangsa Indonesia, tanggal 6 Juni selalu dikenang sebagai hari lahirnya seorang pemuda yang menjadi salah satu bapak pendiri bangsa. Beliau adalah Soekarno, putra sang fajar.

Ir. Soekarno adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945–1966. Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Soekarno adalah penggali Pancasila karena ia yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai dasar negara Indonesia itu dan ia sendiri yang menamainya Pancasila. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.

Di dalam pemikirannya, Soekarno lebih menekankan kepada persatuan dan kebesaran bangsa yang dapat mengobarkan semangat kebangsaan. Semangat integritas dan kebesaran nasionalis yang terus dikobarkan oleh Soekarno, menjadikan bangsa ini terus memiliki semangat untuk terus dapat membangun negara.

Sejarah mencatat pula sejumlah kontroversi yang terjadi dalam kiprahnya di kancah politik. Namun terlepas dari hal tersebut, Soekarno telah memberikan sumbangsih pemikiran dan tindakan yang sangat bernilai bagi bangsa ini. Selain itu sejumlah pemikiran yang lahir dari Soekarno masih relevan bagi kita dalam berbangsa dan bernegara.

(Disarikan dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar: