Sabtu, 23 Juli 2011

Peringatan Hari Anak Nasional

PB290920 by a_rabin
PB290920, a photo by a_rabin on Flickr.

Tanggal 23 Juli selalu diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Hal ini ditetapkan berdasarkan Presiden Republik Indonesia No. 44 Tahun 1984 tentang Hari Anak Nasional. Sejak tahun 1986 hingga sekarang Peringatan Hari Anak Nasional diselenggarakan setiap tahun.

Peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak untuk sehat, tumbuh dan berkembang secara sejahtera agar terbentuk generasi penerus yang tangguh, kreatif, jujur, cerdas, berprestasi, serta berakhlak mulia. Hari Anak Nasional pada hakekatnya merupakan momentum yang penting untuk menggugah kepedulian maupun partisipasi seluruh Rakyat Indonesia dalam menghormati, menjamin dan memenuhi hak-hak anak yang menjadi bagian Hak Asasi Manusia (HAM).

Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2011 mengambil tema ”Anak Indonesia Sehat, Kreatif dan Berakhlak Mulia”. Adapun tujuan peringatan kali ini adalah untuk meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif stakeholders serta masyarakat dalam bidang kesehatan, pemenuhan hak-hak anak, pemberian layanan pendidikan, dan gizi serta pencegahan kekerasan terhadap anak.

Isu yang diangkat adalah hal yang aktual guna menyikapi realita pahit kehidupan jutaan anak di seluruh dunia yang hidup serba berkekurangan yang selalu bergelut dengan krisis makanan, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Dunia anak-anak harus menjadi sebuah dunia yang sehat, penuh keriangan dan semangat, bukan dipenuhi dengan pencemaran dan perang atau gangguan dan kekerasan.

Selamat Hari Anak Nasional bagi seluruh anak-anak Indonesia!

(Disarikan dari berbagai sumber).

Tidak ada komentar: